Blog

Nick Drake: Keajaiban Upacara Pemakaman

Dalam tradisi pemakaman dan ucapan tentang sosok meninggalkan, kadang ada bias pada kisah yang dituturkan. Kita cenderung mengenang kebaikan, inspirasi hidup dan tentu saja mitos mengenai sosoknya. Hal ini yang ada dalam pikiran saya, saat mengenang kematian Nick Drake, bahwa kisah tentangnya akan tetap menjadi mitos. Cerita tentang dirinya tetap menjadi misteri. Dengan minimnya kisah almarhum dalam wawancara, video dan catatan pribadi.

baca lainnya

Jungkir Balik Memperkenalkan Nick Drake ke Publik Indonesia Lewat Buku

Sekilas, rasanya sulit menarik hubungan antara Nick Drake dengan Indonesia. Drake merupakan musisi folk akustik asal Inggris yang sempat aktif akhir dekade 60-an sampai awal 70-an. Sepanjang karirnya, dia merilis tiga album studio namun tidak pernah benar-benar sukses secara komersial. Drake tak pernah cukup populer di negara asalnya, ataupun di benua Eropa sana, sebelum akhirnya meninggal pada 1974. Justru jauh sesudah kematiannya, Drake mulai mendapatkan perhatian para kritikus musik dan sempat disebut sebagai inspirasi oleh Robert Smith, vokalis The Cure.

baca lainnya

Pesta Rilis dan Bincang Buku ala Penerbit Jungkir Balik di Kineruku

Jika tidak mati di usia 26 dan masih hidup sampai kemarin, Nick Drake tentu sudah berusia 69 tahun. Dengan misainya yang menjuntai, rambutnya putih memanjang, gitar tua dan kulit muka mengeriput. Siapa sangka, pasca 43 tahun orang-orang menangisi kematian beliau, kini di sebuah klub buku nan sendu di Bandung, orang-orang tertawa mengisi acara rilis buku biografinya.

baca lainnya